TROTOAR KITA

Trotoar itu apa?
Apa?
Apa?
Apa?
(Suara ala Curut-nya Ria SW)
Trotoar adalakh (kali ini ala-ala pintu Teater Dua telakh dibuka :D) jalur pejalan kaki yang lebih tinggi dari jalan utama dan posisinya berdampingan/ sejajar. Kalo enggak ada trotoar, pejalan kaki enggak punya tempat dan pasti bakal berbahaya. Bisa-bisa tiap menit ada berita pejalan kaki terserempet motor/ mobil (apalagi kalo tipikal pengendara yang "semau gue"). Indonesia, khususnya Jogja (karena aku masih tinggal di daerah istimewa ini), punya jalur khusus pejalan kaki. Setiap negara pasti punya. Jangankan jalur khusus pejalan kaki, Jogja juga punya jalur khusus sepeda. Pengendara tipe gowes ini di beberapa tempat di Jogja bakal diprioritaskan. Tulisan di papan rambu sih begitu. Faktanya?
Yah.. no body is perfect. Jogja punya trotoar, punya. Jogja punya jalur khusus sepeda, punya. Sayangnya enggak berfungsi kayak yang seharusnya. Harus dimaklumi karena kita terlalu banyak pake sesuatu yang enggak sesuai fungsinya? Seharusnya kita harus mulai mengubahnya dimulai dari kita sendiri. Iya, kesadaran dari kita. Trotoar itu buat apa sih? Buat jualan? Lapak kulineran? Warung Burjo a.k.a warung khas murah-meriah di Jogja yang biasanya jadi warung favorit mahasiswa saat kanker a.k.a kantong kering?
Trotoar jadi lapak jualan? Indonesia banget. Kita belum bisa kayak negara-negara tetangga. Singapura misal. Info dari rukamen.com, trotoar di sana luas, bersih, rapi, pake keramik, dan gampang dibersihin. Nyaman banget gitulah trotoar di Singapura.
Kita lihat trotoar di Jepang. Hampir sama kayak Singapura, trotoar di Jepang luas banget. Kalo di Indonesia trotoar seluas ini pasti bukan trotoar, tapi jalan utama, banyak kendaraan berseliweran. Trotoar di Jepang juga banyak yang berseliweran tapi pejalan kaki. Orang Jepang emang terkenal suka jalan kaki. Sangat jarang orang Jepang ke mana-mana bawa kendaraan sendiri. Fasilitas umum di sana more better jelas dari Indonesia. Kita harus banyak belajar sama mereka, Guys. Trotoar di Jepang punya pagar pembatas sama jalan utama. Jadi lebih safe-lah. Ada dua jenis trotoar di Jepang, buat pejalan kaki dan pesepeda. Nah loh, pengendara gowes-gowes di Jepang punya trotoar sendiri. Ada juga jalur warna kuning timbul gitu, khusus buat difabel netra.
Beda benua, beda trotoar. Kita mampir ke Eropa. Trotoar di sini mirip-mirip juga sama trotoar di Singapura, lebar-lebar dan luas gitu, cuma bedanya ada bangku-bangku taman yang semakin mempercantik trotoar. Bisalah nongkrong di bangku-bangku ini. Apalagi banyak bunga-bunga gitu yang ada di sepanjang trotoar. Kita balik ke Indonesia. Ada enggak trotoar yang dihias pake bunga-bunga? Bunga beneran, bukan buka kertas, apalagi lampion bunga-bunga. Ada enggak? Ngng...
Trotoar di Eropa juga ada lapak jualan kok, tapi lebih tertata dan enggak ngasal. Hak pejalan kaki buat nyaman di trotoar dan pastinya keselamatan terjamin, tetap ada. Lapak-lapak jualan di trotoar Eropa ini bukan warung tenda yang semuanya serba... yah, begitulah, tapi cafe-cafe yang punya meja-kursi khas yang ditata apik. Enggak ada kesan kumuh, tapi justru unik. Instagramable begitulah.
Rumput tetangga (memang) lebih hijau. Nyatanya, trotoar di negeri seberang lebih-lebih oke dibanding trotoar di negeri kita. Malioboro yang punya trotoar/ jalur pedestrian yang lebih luas dibanding trotoar lain (di Indonesia juga) masih belum bisa disejajarkan sama trotoar di Singapura, Jepang, bahkan Eropa.
Gimana cara menertibkan trotoar di Indonesia, khususnya di Jogja, biar bisa berfungsi kayak seharusnya ya? Bukan berarti merampas lahan rezeki, tapi kita bisa mencontoh trotoar di Eropa. Kalo trotoar di Indonesia, di masa depan, bisa sekece dan seapik trotoar di Eropa, amboi indah nian!
Semoga bukan cuma harapan kosong.
Ps: Pengen banget ngasih foto-foto tiga trotoar kece di atas, tapi pas Googling kok enggak ada foto yang resolusinya jelas?
Jogja, 18.12.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar