JUMANJI DAN PESAN TERSELUBUNG

Sekarang banyak film remake, rebooth, reborn, dan semacamnya, tapi film Jumanji: Welcome to the Jungle bukan remake dan kawan-kawannya itu. Pertama rilis tahun 1995 dan 22 tahun setelahnya rilis lagi film berjudul sama tapi beda sub judul dan cerita. Konsepnya sama, tapi ceritanya sama sekali berbeda. Jadi kangen nonton film Jumanji pertama. Kirsten 'Mary Jane' Dunst, si gadis rambut merahnya Spiderman, ikut ambil bagian di film Jumanji yang rilis 1995. Masih remaja banget! Entah umur berapa Kirsten waktu film Jumanji itu, tapi beda banget sama Kirsten di film Spiderman. Wajahnya enggak kelihatan beda jauh, awet muda ya, tapi fisiknya jelas lebih kelihatan bedanya.


Jumanji di tahun 2017 dibintangi Dwayne 'The Rock' Johnson, Jack Black (buat yang udah nonton Beauty and The Beast versi 2017, pasti tau peran Jack Black yang sempat bikin kontroversi ini), Kevin Hart, Karen Gilan, Nick 'mantan Selena Gomez' Jonas, dll. Jumanji: Welcome to the Jungle,, film yang game banget! Buat yang suka nge-game, asyik nonton film satu ini, terutama yang suka role playing game.
Jumanji versi 2017 benar-benar cerita baru yang pastinya lebih fresh CGI. Enggak yang terbaik, tapi kualitas CGI-nya bisa diacungin jempol. Buktikan sendiri dengan nonton filmnya. Jangan bajakan loh. Masih tayang di bioskop, ngapain nonton yang bajakan? Menyedihkan!
Setiap film pasti punya pesan. Begitu juga Jumanji: Welcome to the Jungle. Entah ini sekedar lucu-lucuan atau memang ada unsur kesengajaan demi pembiasaan, tapi aku merasa pesan ini bisa dicurigai sebagai pesan terselubung, semacam konspirasi.
No! No! Bukan konspirasi zionis, eh.. tapi wait... ada simbol yang mengarah ke sini. Bukan parno, tapi cuma komentar pribadi setelah nonton filmnya. Ada Mata Satu yang jadi penyelamat Dr. Bravestone, Prof. Shelly, Ruby Roundhouse, Franklin "Mouse" Finbar, dan Seaplane. Mata Satu ini, walau dalam bentuk yang sama sekali berbeda, pasti punya pesan tertentu buat yang menyadarinya.


Pesan terselebung lainnya tentang hubungan sesama jenis. Secara terang-terangan, Jumanji: Welcome to the Jungle menampilkan adegan ini. Enggak secara langsung, tapi semacam ngasih pembiasaan dulu buat orang-orang, terutama orang awam, tentang hubungan sesama jenis ini. Karakter ini diceritakan salah tubuh. Cewek di dunia nyata berubah jadi cowok di dunia game. Jiwa cewek di tubuh seorang cowok. Adegan-adegan yang mengarah ke sini memang komikal dan enggak ada yang aneh, tapi percaya/ enggak, adegan ini dibuat untuk membuat orang terbiasa.
Ngomongin filmnya tanpa embel-embel pesan terselubung, rekomen banget buat ditonton. Seru! Atmosfir role playing game berasa banget di film ini. Walau ada pesan terselubung macam yang aku bilang di atas, tapi aku enggak langsung melarang orang-orang buat nonton film ini. Filmnya bagus! Rekomen! Buktikan sendiri dan silakan berkomentar. Apa komentar kita sama?
Beda, enggak jadi masalah, asal tetap satu.
Jogja, 30.12.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar