BROMANCE


Punya sahabat? Teman yang paling dekat? Sejauh apa kedekatanmu sama sahabat dan teman yang paling dekat ini? Setiap orang pasti punya sahabat/ teman yang paling dekat. Cowok, cewek, pasti punya. Sahabatan sesama cewek, nonton film berdua di bioskop pas malam Minggu karena sama-sama jomblo. Sahabatan sesama cowok dan nonton film berdua di bioskop? Malam Minggu pula. Ada yang merasa aneh, ada juga yang menganggapnya wajar dan biasa.
Sahabatan sesama cewek, jalan berdua, bergandengan tangan, terlihat manis. Sisterhood mereka oke nih. Sahabatan sesama cowok, jalan berdua, bergandengan tangan? Ngng.. permisi, pintu keluar di sebelah mana ya?
Ada yang bilang, cowok pergi berdua sesama cowok dianggap homo. Cowok pergi rame-rame dibilang boy band. Cowok pergi sendirian? Cupu! Cowok memang selalu serba salah. Jangan merasa bersalah dulu. Persahabatan/ pertemanan sesama cowok enggak bisa disamain kayak sahabatan sesama cewek. Begitu juga sebaliknya. Ada sesuatu yang wajar dilakuin sahabatan sesama cewek, tapi aneh kalo dilakuin sahabatan sesama cowok. Contohnya, gandengan tangan, cipika-cipika. Pernah lihat sahabatan sesama cowok, atau kamu sendiri deh, ngelakuin ini? 99,99% pasti enggak pernah. Terus yang 1%? Yah.. you know what I mean, Bro.
Persahabatan sesama cowok namanya bromance, diambil dari kata brother dan romance. Eits, romance di sini bukan mesra-mesraan kayak pacaran, (emang kita laki apaan?) tapi lebih ke relationship yang enggak cuma sekedar tau nama. Bisa dibilang dekat banget, kayak saudara sendiri begitulah. Di mana ada dia, di situ ada kamu. Antara kamu dan dia kayak enggak terpisahkan. Ada hubungan emosional juga, tapi bukan cinta-cintaan.
Bromance punya tanda-tandanya. Enggak setiap hubungan pertemanan sesama cowok bisa dibilang bromance. Cuma sekedar tau nama, mendekat cuma pas lagi butuh (ini sih parah). Tanda-tanda bromance yang pertama, hasil ngintip di ciricara.com, punya panggilan aneh, lucu, enggak biasa. Pernah lihat sesama cowok manggil bukan pake nama tapi pake julukan, bahkan enggak sedikit julukan kasar? Tanda-tanda bromance nih. Enggak bakal marah kalo dipanggil Pantat Penggorengan, Daki Jam Tangan, yah.. something like that, karena kedekatan yang dibangun berarti level dewa.
Tanda yang kedua, berbagi pakaian, termasuk celana dalam, ya kadang-kadang pas lagi kehabisan baju bersih, apalagi buat yang tinggal bareng, satu kost, satu kontrakan, satu asrama, satu kamar. Berbagi makanan juga iya. Wah.. berbagi satu ini jelas banget. Nasi Padang sebungkus berdua, hajarlah. Ada satu yang enggak bakal bagi-bagi: cewek.
Tanda yang selanjutnya, ini khusus buat yang jomblo, tiap weekend, tiap ada waktu luang, selalu bareng. Namanya juga jomblo, daripada ngenes malam Minggu enggak ke mana-mana, nongkrong berdua aja tuh sekalian ngecengin cewek-cewek lewat. Siapa tau ada yang nyantol satu. Namanya juga cowok, naluri menggodanya pasti ada dan lebih terang-terangan. Enggak semua cowok begini loh ya. Ada juga yang menahan diri demi menghindari pemberat timbangan ke Neraka.
Tanda yang terakhir, karena secara emosional punya hubungan yang kuat, sahabatan sesama cowok ini enggak bakal ragu buat nyeritain sisi lain hidupnya, semacam curhat begitulah. Kalo ada masalah, pasti diceritain ke sahabatnya. Kayak enggak ada rahasia. Semuanya terbuka. Ah, satu lagi, kalo kamu, wahai cewek-cewek, yang pernah diceritain sama dia tentang sahabatnya, cowok, berarti dia punya bromance.
Tenang.. tenang.. cowok kamu enggak akan berpaling darimu kok, tapi siap-siap kalo ada pertandingan bola tim favorit mereka, harus mengalah dan menerima kalo kamu dinomorduakan.
Jogja, 17.12.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar