PILIH KADO YANG MANA?

Pernah merasa bingung ngasih kado buat seseorang? Apa ya? Mau kado yang biasa-biasa atau kado yang berkesan? Kalo kado yang biasa, misal kado pernikahan, bisa pilih barang pecah-belah/ bedcover. Banyak yang memilih dua ini jadi kado pas datang ke acara nikahan. Kalo kado yang enggak biasa, pilih sesuatu yang bisa ngasih kesan tertentu, entah barangnya lucu, beda dari yang lain, atau kalo mau modal besar dan terlihat wow, kasih kado emas batangan, berlian, permata. Pernah lihat kado pernikahan, bukan mas kawin loh, seberharga ini?
Ka.do, hadiah atau pemberian (untuk yang berulangtahun, menikah, melahirkan, dan bla bla bla), kata KBBI. Sebagian orang pengen ngasih kado yang enggak biasa. Out of the box dan enggak ikut-ikutan yang lain. Tipikal orang seperti ini enggak mau asal-asalan pilih kado. Bahkan bisa jadi kado disiapkan jauh-jauh hari. Harus kado yang berkesan.
Sebagian yang lain justru sebaliknya, enggak ambil pusing mau kasih kado apa. Standar kayak orang-orang kasih kado. Nikahan dikasih kado ini, ulangtahun dikasih kado itu, ngikut aja yang udah jadi kebiasaan orang-orang. Tipikal orang yang enggak mau ribet. Entah kadonya berkesan atau enggak, yang penting "kewajiban" kasih kado udah tunai.
Sadar atau enggak, bawa kado waktu datang ke acara nikahan/ ulangtahun, kelahiran juga, jadi semacam kewajiban. Pemilik acara enggak bilang harus bawa kado, tapi karena kebiasaan datang ke satu acara bawa kado, secara enggak langsung bawa kado jadi semacam kewajiban. Makanya ada beberapa acara yang sampe ditulis di undangan "dilarang membawa kado". Tanpa diminta, datang ke satu undangan acara, ya (harus) bawa kado.
Kado yang berkesan itu enggak selalu mahal, tapi sesuatu yang berguna buat si penerima kado. Sesuatu yang bisa dipake sehari-hari dan enggak cuma jadi pajangan. Bisa pilih mug lucu dengan bentuk yang unik. Mug couple buat kado pernikahan. Kalo tau hobinya, kesukaannya, bakal lebih gampang pilih kadonya. Si ini suka baca novel, si itu suka koleksi jam tangan, bla bla bla. Kasih kado yang enggak cuma sekedar kado tapi juga sesuatu yang berkesan buat yang menerima. Aku merasa ada kepuasan kalo bisa kasih kado yang enggak biasa dan respon dari si penerima kado enggak menganggap aneh. Justru happy dan enggak nyangka. Kamu gimana?
Jogja, 05.12.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar