ADA YANG KANGEN GIMBOT


Pertama kali nge-game sebelum kenal PS, the one and only gimbot dong. Generasi 90-an pasti pernah mainin ini. Grafisnya sederhana banget. Cuma kotak-kotak dan hitam putih. Ada game pesawat tembak-tembakkan, balap motor, atur batu bata, dan banyak yang totalnya 26 game berbeda, dibagi berdasarkan huruf mulai dari A sampai Z. Game pertama ada pesawat tembak-tembakkan. Game atur batu bata ada di bagian akhir-akhir. Entah N apa M atau mendekati Z.
Grafis sederhana dan suaranya yang bisa bikin pening khusus game balap mobil. Mending dibikin mute waktu lagi nge-game ini. FYI, gimbot itu versi sederhana Gameboy. Lebih tepatnya versi murah. Harganya enggak ada Rp 20 ribu. Mungkin Rp 10 ribu. Bukan.. bukan Rp 5 ribu. Gameboy jelas lebih mahal di masa itu. Cuma anak-anak kota, gedongan, dan orangtuanya punya duit berlebih yang main Gameboy. Anak-anak desa sih lebih pilih gimbot. Bukan karena murahnya itu, tapi kebanyakan di desa yang keluar gimbot, dijual di pasar-pasar. Sekarang gimbot masih dijual enggak ya? Nyari di toko online pasti ada, tapi di pasar-pasar?
Dulu setiap datang ke pasar, bukan swalayan ya, pasti ada penjual mainan. Pasar yang besar sih. Gimbot jadi salah satu barang yang dijual. Jadi kangen tempat jualan mainan di pasar. Waktu SD dulu, tempat ini masih eksis di pasar. Sekarang entah. Tempat yang jadi pasar, Pasar Petanahan, berubah banget sejak beberapa tahun kemarin.
Waktu SD dulu enggak pernah tahu nama permainan di gimbot. Pahamnya ya tembak-tembakkan, atur batu, balap mobil dan enggak pernah nyebutin namanya 'Tetris', 'Space Battle' atau apalah. Gimbot ini keluar sebelum masa smartphone. Gimana pun serunya main gimbot, sepanjang bisa mengingat, enggak jadi adiktif. Beda banget efek PS yang bikin kecanduan.
Coba sodorkan gimbot ke anak-anak sekarang. Mereka bakal tertarik enggak ya? Awalnya mungkin bingung gimbot itu apa. Selanjutnya, setelah dijelasin, bakal coba satu game. Terakhir, bisa jadi enggak lama main, langsung ditinggal dan memilih game smartphone yang grafisnya lebih bagus dan berwarna.
Apa kamu juga pernah menjalani masa-masa nge-game gimbot ini? Selamat! Era kita enggak jauh beda.
Jogja, 09.02.2018

Bagus Adisatya

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. Saya juga suka main gimbot, kalau mood lagi senang saya hidupin suaranya, hebat lu seneng bgt dah dibilang hebat, tapi kalau kalah, bego lu katanya, lgsung saya mute dah wkwk :D

    BalasHapus