MOBA (DARI) INDONESIA

(wallpapersrc.com)
Mobile Legends, Arena of Valor, War Song, terus apa lagi? Dota, League of Legends... Memang banyak game jenis MOBA a.k.a multiplayer online battle arena. Game yang lagi populer banget, apalagi sejak kemunculan Mobile Legends. MOBA dari Indonesia mana nih? Shanghai punya Mobile Legends. China punya Arena of Valor. Jepang enggak mau kalah dengan menghadirkan War Song. Indonesia?
Sebenarnya potensi Indonesia bikin MOBA sendiri sangat besar. Banyak karakter yang bisa dibikin bahkan populritasnya bisa menyaingi MOBA lain kalo berhasil dirilis banyak negara. Satu contoh referensi MOBA (asli) Indonesia ada di komik Webtoon "Nusantara Droid War". Kalo ada kreator game Indonesia yang bikin MOBA dari komik ini sangat-sangat bisa.
Teknologi bikin game sekelas Mobile Legends dan kawan-kawannya itu di Indonesia masih sangat terbatas ya? Sangat mahal? Enggak ada dukungan dari pemerintah? SDM, Indonesia pasti punya. Kurang promosi? Cuma dikenal sama kalangan tertentu?
Ada yang bilang, Indonesia adalah negara penikmat, bukan negara pencipta. Lebih senang menikmati hasil dari negara lain dibanding bikin sendiri dan menyebarkannya secara luas ke berbagai negara. Enggak semua orang Indonesia begini, tapi secara umum mungkin didominasi tipikal penikmat, bukan pencipta. Bisa jadi (sebagian orang) Indonesia merasa greget pengen menciptakan sesuatu yang sudah populer kayak Mobile Legends dan menyebarluaskan ke seluruh dunia. Cuma... ada kendala-kendala, mungkin, yang bikin rasa greget itu cuma sebatas greget tanpa ada aksi. Mungkinkah?
Kalo ada MOBA dari Indonesia, kemungkinan dianggap plagiat kecil banget. Konsep game yang sama bisa dibilang plagiat? Mobile Legends, Arena of Valor, War Song, punya konsep yang sama. Beberapa karakter memang ada yang mirip dan ada juga yang bilang MOBA ini menjiplak karakter MOBA itu, tapi kalo (ada) MOBA dari Indonesia, enggak perlu menjiplak karakter, banyak yang bisa diciptakan.
Indonesia punya banyak urban legend, cerita mistis, mitos, pahlawan fiksi dari cerita-cerita rakyat, enggak kalah sama Jepang. Negara yang terkenal dengan pop culture ini memang selalu bisa menghubungkan sesuatu dengan kebudayaan mereka sendiri. Pop culture yang Jepang banget. Indonesia juga bisa bikin sesuatu yang Indonesia banget. MOBA Indonesia? Sangat bisa.

Jogja, 28 April 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar