INI ALASAN (CEWEK) BISA MULTITASKING

Katanya, cewek lebih bisa multitasking dibanding cowok. Kata ahli, multitasking itu kayak candu dan enggak semua orang punya kemampuan ini. Orang yang bisa multitasking lama-lama bakal berkurang kemampuannya ini karena pertambahan usia, dikutip dari health.detik.com. Sebenarnya, masih menurut ahli, otak enggak benar-benar bisa multitasking, tapi cuma mengalihkan konsentrasi dengan cepat antara satu tugas dengan tugas lain. Otak enggak bisa memproses lebih dari satu kegiatan dalam satu waktu. Hasilnya memang bisa lebih cepat selesai, tapi enggak mungkin sempurna. Jadinya setengah-setengah gitu.


Kenapa cewek dianggap lebih bisa multitasking dibanding cowok? Berdasarkan satu penelitian, cewek memang punya kemampuan superior melakukan berbagai hal yang membutuhkan kendali kognitif tinggi. Kemampuan multitasking cewek lebih unggul dari cowok karena didukung kebiasaan zaman baheula yang mengharuskan cewek tetap di rumah mengurus anak sambil memetik buah-buahan, memperbaiki sesuatu, dan kawan-kawannya. Sementara cowok lebih banyak di luar rumah berburu makanan. Fokusnya cuma satu. Berkat kebiasaan sejak zaman baheula ini, kemampuan cewek multitasking jadi lebih unggul.
Sebaiknya kemampuan multitasking cewek enggak selalu dilakukan. Dikutip Magforwomen dari health.liputan6.com, kerja multitasking bisa bikin kelelahan ekstra karena pekerjaan yang serba terburu-buru dan enggak fokus. Hasil enggak maksimal, membuang-buang waktu karena lompatan satu tugas ke tugas lain yang sama-sama belum selesai, dan bisa menciptakan lebih banyak masalah. Melakukan dua atau tiga pekerjaan dalam satu waktu, bisalah sesekali, tapi lebih dari ini, sebaiknya jangan. Bukannya kerjaan beres, tapi justru bikin bingung dan jadwal yang disusun jadi berantakan.
Kalau bisa dilakukan satu-satu dan fokus tanpa harus terbagi-bagi, kenapa enggak?
Jogja, 12.02.2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar