KURANG TIDUR

Ini bukan tentang tulisan yang tercipta karena insomnia. Bukan juga tulisan dari seseorang yang kurang tidur, katanya kurang tidur itu tanda orang kreatif. Kreatif tapi masa bodoh sama kesehatan diri-sendiri? Ngng.. kurang tidur, iya.. tapi sejatinya aku enggak kurang tidur. Aku bukan pengidap insomnia. Jangan sampai deh! *getok-getok meja~ Jam tidurku kurang justru karena aku sendiri yang memilih. Bukan lembur karena ngebut skripsi, proyek, atau apapun, tapi karena kebodohan yang secara sadar aku lakukan. Ya, aku bilang ini kebodohan. Ada di bagian sebelum penutup tulisan ini.
Menurut National Sleep Foundation, dikutip dari nationalgeographic.co.id, kita punya jam tidur yang berbeda sesuai usia. Buat usia-usia produktif, 18-64 tahun, jam tidur yang dibutuhkan antara 7 - 9 jam. Jangan sampai kurang, jangan berlebihan. Keduanya bisa menyebabkan resiko penyakit mematikan mulai dari jantung koroner sampai stroke. Na'udzubillah...
Bayi dan balita punya jam tidur yang lebih panjang, antara 14 - 17 jam. Anak-anak usia 6 - 13 tahun butuh waktu tidur 9 - 11 jam. Buat remaja usia 14 - 17 tahun jam yang paling pas 8 -10 jam. Manula justru enggak butuh waktu tidur terlalu lama. Cukup 7 - 8 jam sehari. Gimana waktu tidur kamu? Cukup? Apa berlebihan? Kurang tidur bikin pusing, kebanyakan tidur juga bikin cenat-cenut bonus lesu.


Faktanya, banyak yang waktu tidurnya enggak sesuai anjuran ahli. Gimana buat orang yang bekerja sesuai shift dan mengharuskan jam malam? Kita harus cerdas membagi waktu kalo tidur malam enggak cukup waktunya. Jangan kebiasaan nabung penyakit. Ada waktu tidur, manfaatkan. Tubuh kita tetap butuh tidur. Kalo malam justru kita enggak tidur karena tuntutan pekerjaan, coba ubah pola tidur. Enggak harus waktu malam sebenarnya, tapi yang penting waktu tidur kita cukup dan terpenuhi. Gimana orang yang punya riwayat insomnia?
Cobalah sebelum tidur manis, mandi air panas dulu. Menurut satu artikel di lifestyle.liputan6.com, mandi air panas, air hangat maksudnya, bisa bikin tubuh nyaman dan rileks. Segar banget 'kan sebelum tidur mandi dulu?
Bisa juga pake teknik pernafasan 4 - 7 - 8. Pertama, hembuskan nafas lewat hidung selama 4 detik. Lanjut tahan nafas 7 detik. Terakhir, bernafaslah lewat mulut selama 8 detik. Lakukan teknik ini tiga kali. Katanya bisa bikin kita langsung tidur kurang dari 15 detik.
Satu lagi cara ampuh yang relevan banget sama zaman now: turn off your fucking gadget! Oke, kita butuh gadget. Hari gini enggak punya gadget? Kita bukan hidup di zaman Pithecanthropus Erectus. Gadget justru jadi musuh terbesar kita di saat tubuh minta istirahat. Apa kamu peduli sama teriakan menyayat ini yang sengaja kamu hempaskan karena rayuan gadget yang lebih menggoda?
Oke, selamat tidur. Selamat mengistirahatkan tubuh. *zzz..~
Jogja, 03.01.2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar