IKATAN ANTARA MANUSIA DAN HEWAN

Kadang heran sama hubungan manis antara manusia dan hewan. Kok bisa? Kenapa hewan bisa bersahabat dengan manusia? Apa rahasianya? Tentu bukan sembarang hewan. Sama kayak hubungan sesama manusia, hubungan dengan hewan juga enggak datang tiba-tiba. Ada proses sampai akhirnya terciptalah satu ikatan yang luar biasa.


Hewan bisa bersahabat dengan manusia? Bisa. Manusia bisa bersahabat dengan hewan? Bisalah. Enggak sedikit manusia di bumi ini yang memperlakukan hewan secara istimewa. Manusia punya rasa, hewan juga. Manusia punya naluri, hewan punya insting. Apa bedanya? Naluri biasanya identik dengan manusia dan insting identik dengan hewan. Menurut brainly.co.id, naluri adalah pembawaan alami yang dilakukan secara enggak sadar. Semacam anugerah dari Tuhan. Manusia dan hewan sama-sama punya naluri, misal naluri keibuan. Manusia dan hewan sama-sama bisa bersikap keibuan sama anak-anaknya 'kan?
Insting artinya kemampuan khusus berbuat sesuatu secara enggak sadar. Misal, burung yang bikin sarang, manusia yang mencari cara bertahan hidup saat tersesat mendaki gunung. Sama-sama punya rasa, bukan kosong tanpa isi kayak seonggok benda, manusia dan hewan yang sudah punya ikatan khusus pasti bisa bersahabat. Ada banyak persahabatan dua makhluk ini yang bikin kita merasa takjub. Kisah Hachiko, jadi satu dari sekian banyak cerita menyentuh tentang hubungan antara manusia dan hewan. Enggak semua orang bisa bersahabat dengan hewan. Enggak jarang juga yang enggak suka dekat-dekat dengan hewan, entah itu anjing atau kucing yang lazim jadi hewan peliharaan. Padahal memelihara hewan punya manfaat buat kita loh yang tanpa kita sadari.
Dikutip dari qubicle.id, memelihara hewan bisa melatih tanggung jawab, disiplin, terorganisir, dan sabar. Harus punya komitmen dengan diri-sendiri untuk merawat hewan peliharaan sebaik mungkin. Kalau enggak bisa merawat, cuma sekedar ingin memelihara hewan, lebih baik jangan. Komitmen untuk merawat ini yang harus ada banget dan enggak segampang yang dibayangkan.
Hewan peliharaan juga perlu diajak main biar enggak stres. Bukan cuma manusia yang bisa stres, tapi hewan juga. Efeknya? Sama kayak manusia, mood jadi jelek, lebih agresif, dan bisa bikin celaka kita atau sesuatu yang enggak kita harapkan. Selain main, jalan-jalan juga perlu. Enggak ada salahnya juga, jogging bawa hewan peliharaan, biasanya sih anjing. Enggak cuma sekedar dikasih makan ya.
Kita juga bisa belajar menyayangi, berempati, dan menjaga ikatan. Hati lebih gampang tersentuh dan enggak keras kayak batu cadas. Sayang yang kita kasih buat hewan peliharaan adalah sayang yang tulus. Kita suka dan kita sayang tanpa menuntut apapun. Mengalir saja dan tanpa disadari terciptalah satu ikatan.
Seseorang yang komitmen memelihara hewan, two thumbs up! Enggak gampang dan butuh proses.
Jogja, 24.01.2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar