SOK JAGOAN

Bullying enggak cuma terjadi sama anak sekolah. Orang dewasa juga bisa kena bullying. Parahnya lagi, bullying dilakukan sama remaja berkelompok yang bawa senjata tajam. Semakin diperparah, kesadaran mereka dikendalikan alkohol. Orang dewasa sekali pun, menghadapi sekumpulan remaja bersenjata tajam, jelas kalah. Lebih tepatnya cari aman. Bullying kayak gini biasanya di jalanan dan antara pelaku dan korban enggak saling kenal a.k.a klitih.
Bullying non-verbal juga ada. Sakit, tapi enggak kelihatan. Ada yang sukarela dibully, karena merasa ada kedekatan antara pelaku dan korban. Merasa dekat karena hubungan pertemanan. Biasanya yang sudah merasa dekat, enggak ada tedeng aling-aling. Bicara bisa ceplas-ceplos. Enggak bakalan ada yang marah karena sudah saling kenal. Bisa dibilang lebih dari sekedar kenal.
Bully non-verbal yang menyiksa, jelas karena pelaku dan korban enggak ada kedekatan hubungan pertemanan. Korban cuma dijadikan objek lelucon. Buat pelaku memang menggelikan dan hanya sekedar bercanda, tapi buat korban bully yang satu ini enggak bakal ngerasa fun atau menganggap "Oh.. oke, ini cuma bercanda."
Rasanya muak banget ngadepin orang-orang sok jagoan yang beraninya keroyokan, bawa senjata tajam pula. Sejatinya mereka pengecut. Kalo gentle, sendirianlah dan enggak usah bawa senjata. Apalagi ngadepin orang yang lagi fly karena alkohol. Semacam percuma. Diajak ngomong baik-baik enggak ada guna. Enggak bakal didengerin. Digebukin sampai bonyok? Buang-buang tenaga. Kalo kebetulan ketemu sama orang mabok, langsung hindari dan cari tempat ramai. Complicated sekali rasanya. Teori sih gampang, tapi prakteknya bisa jauh dari yang diajarin teori. Kalo kita timpuk si orang mabok ini pake batu, bisa-bisa jadi boomerang buat diri-sendiri. Terjerat hukum dengan pasal penganiayaan. Padahal ngasih timpuk karena melindungi diri, bukan karena sengaja gegara ada masalah pribadi. Ketemu orang mabok emang apes. Semoga enggak ada (lagi) kejadian ketemu sama orang macam ini. Kalo ketemu dan dia macam-macam, langsung tendang sekuat tenaga penisnya. Iya, bagian itunya. Dijamin ngilu.
Pernah ketemu sama orang mabok dan apesnya dibully bikin aku jadi lebih waspada kalo lagi pergi-pergi. Masih greget sendiri juga kalo ingat kejadian ini. Apa harus mengalami sendiri dulu biar lebih waspada? Pernah ngerasain enggak enaknya, ke depan pasti enggak mau lagi ketemu rasa enggak enak kayak gini.
Jogja, 30.11.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar