Tayangan entertainment penting enggak? Penting enggak penting. Loh? Gimana sih? Tegas dong. Tayangan entertainment a.k.a yang banyak dibilang acara gosip itu emang punya dua sisi. Satu menjerumuskan, satunya bermanfaat. Apa manfaat tayangan entertainment? Tentu sebagai public figure, informasi tentang mereka juga dibutuhkan. Public figure bukan cuma artis yang wara-wiri di bioskop dan sinetron, tapi mereka yang dikenal secara luas. Presiden, anggota dewan, selebtweet, selebgram, dan masih banyak lagi. Arti entertainment yang sebenarnya apa sih?
Arti kata entertainment adalah hiburan, pertunjukan. Semua yang berkecimpung di dunia hiburan bisa dibilang ada di dunia entertainment, seorang entertainer. Seharusnya sih tayangan entertainment itu bukan cuma tentang orang yang ada di dunia itu aja, tapi juga public figure yang tentu banyak orang pengen tau sisi lain kehidupannya. Ingat loh, sisi lain, bukan gosip atau sesuatu yang masih samar-samar tentang si public figure ini, atau bahkan berita bohong, tunggu.. bukan berita, tapi informasi bohong.
Sayangnya, enggak semua tayangan entertainment peduli dengan aturan yang satu ini. Hei, apa ini termasuk aturan? Ya, aturan enggak tertulis. Ada beberapa yang masih berselisih pendapat tentang tayangan entertainment. Masuk ranah jurnalistik atau bukan? Syarat informasi jurnalistik adalah fakta, obyektif, berimbang, memenuhi unsur 5W+1H, dan akurat. Oke, mari kita bedah tayangan entertainment. Tayangan jurnalistik atau bukan?
Fakta. Apakah sajian tayangan entertainment adalah fakta? Bukan cuma sekali-dua kali meloloskan informasi yang masih abu-abu. Diduga artis A berselingkuh dengan artis B, artis C diduga ada skandal dengan artis D. Fakta di tayangan entertainment emang ada, tapi enggak sedikit juga demi rating, aturan informasi fakta ini diabaikan. Bahkan ada juga yang memelintir apa yang dikatakan narasumber demi mendongkrak rating.
Obyektif. Bukan dari satu sudut pandang. Bukan pendapat pribadi, apalagi pendapat dari pihak yang enggak suka secara pribadi. Apa masih bisa obyektif? Tentu syarat ini berhubungan dengan berimbang dan akurat. Kalo enggak obyektif, gimana bisa berimbang dan akurat? Asal heboh, asal viral, asal banyak yang suka, asal ini.. asal itu.. asal-asalan.
Unsur 5W+1H enggak terlalu kaku sih. Bisa dibilang setiap tayangan entertainment punya unsur jurnalistik satu ini. Paling enggak, pasti ada unsur “siapa yang diberitakan”. Kalo unsur ini aja enggak ada, apa yang diberitakan? Apa yang diinformasikan?
Selain syarat-syarat di atas yang enggak sedikit diabaikan, tayangan entertainment juga kadang enggak memerhatikan “isi”nya. Seberapa penting sih informasi itu disebarluaskan? Tayangan entertainment pake frekuensi rakyat loh. Yap! Televisi itu pake frekuensi milik kita. Siapa yang harusnya mengendalikan? Kita. Bukan mereka yang mengendalikan kita sebagai pemilik frekuensi itu. Kok kita seperti dijajah ya? Kita tanpa sadar menerima begitu saja apapun yang mereka berikan. Entah itu mengedukasi atau hanya sensasi.
Terkadang aku merasa jengah dengan tayangan entertainment yang isinya... duh! Si artis A baru beli tas ratusan milyar. Lihat koleksi tas-tas mahal seharga satu rumah mewah itu. Wow! Menarik! Informasi ini penting atau enggak? Bisa dibilang penting dan enggak penting. Mungkin informasi ini buat sebagian orang adalah sesuatu yang penting. Aku justru merasa sebaliknya.
Kuncinya adalah be smart people. Satu tayangan entertainment bahkan yang receh sekali pun bisa tetap bertahan karena ada yang menikmati. Smart people pasti paham dengan pilihannya. Kalo satu tayangan entertainment kita rasa enggak penting, ah.. you know informasi tentang huru-hara perceraian artis A dengan si B apakah penting buat kita? Itu masalah mereka dan peran kita apa? Memberikan dukungan moril? Atau justru menebar gosip enggak penting? Nah.. ini yang dikhawatirkan.
Kalo ada tayangan yang bermanfaat buat kita, tentunya sesuatu yang positif, bukan informasi abu-abu, okelah bisa kita terima. Be smart people. Kita yang memilih apa yang pantas kita dapatkan. Kita sendiri yang menyeleksi. Kalo cuma mengandalkan KPI dan pihak yang berwenang, sepertinya terlalu lambat. Bukan.. bukan berarti KPI dan pihak yang berwenang itu enggak kompeten atau terlalu lambat, tapi terkadang tindakan mereka enggak sesuai dengan yang kita harapkan.
Kalo ada tayangan (entah televisi, iklan bilboard, banner, dll) enggak sesuai ketentuan, segera laporkan KPI. Kita yang bertindak. Kita yang memilih. Kita yang menentukan.
Jogja, 07.10.2017
Komentar
Posting Komentar