OJEK (ONLINE)

Sebelum ada ojek online, kayaknya enggak kepikiran pake ojek buat ke mana-mana. Biasanya naik ojek karena baru pergi jauh, dari luar kota, misal baru sampai stasiun, terminal, bandara. Bukan transportasi yang jadi alternatif buat sehari-hari. Mungkin ada yang mobilitasnya pake ojek, tapi kayaknya enggak sebanyak sekarang, eranya ojek online. Lebih tepatnya eranya semua-semua dapat dikabulkan dengan kantong ajaib (baca: online).
Sekarang banyak banget driver transportasi kekinian satu ini di beberapa kota besar. Kekinian? Yah.. bisa dibilang seperti itu. Awal kemunculan ojek online dulu cuma di Jakarta, tapi sekarang udah bisa dinikmati di mana-mana. Jenisnya juga banyak, mulai dari Gojek, Grab, Uber, dan lain-lain, dan entah apa lagi. Sebelum ada ojek online, transportasi umum yang bisa order via online kayaknya udah ada. Taksi online? Bisa dipesan lewat telepon? Eh, beda ding. Ini ‘kan pesan lewat telepon, bukan pesan lewat aplikasi. Bukan pake koneksi internet, tapi pake pulsa. Oke, baiklah.
Awal kemunculan ojek online tahun 2010 di Jakarta. Gojek sih. Grab, Uber dan kawan-kawan, silakan Google sendiri. Entah aku yang menganggap Gojek paling banyak atau emang beneran paling banyak, tapi kayaknya jumlah driver Gojek lebih banyak daripada driver Grab dan Uber. Mungkin seimbang. I don’t know. Aku enggak melakukan survey. Cuma berasumsi. Apapun merk ojek online, sama aja. Sama-sama harus order via aplikasi yang diunduh. Harus ada internet (namanya juga online).
Namanya hidup, pasti ada drama. Ojek juga punya drama. Ojek online dan ojek konvensional sampai blog ini ditulis, tetap masih jalan dramanya, entah masuk episode berapa, tapi aku enggak mau ngomongin dramanya. Biarlah. Cuma bisa berharap semoga dramanya cepat kelar.
Sekarang, menjamurnya ojek online di beberapa kota besar, bikin minat jadi driver juga menjamur. Banyak yang menjadikan ojek online sebagai sampingan. Ada juga yang full time. Ada driver yang muda, tua, cowok, cewek, ganteng, cantik, bahkan ada juga driver warga negara asing (walau akhirnya ketauan cuma cari sensasi).
Pertama kali ojek online mulai populer, banyak banget yang daftar jadi driver. Katanya ada dokter yang “sambilan” ojek online. Image ojek perlahan mulai berubah. Bukan lagi pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Mungkin karena cara yang dipake beda (baca: online), waktu itu banyak banget yang jadi driver. Ojek online mulai viral, terutama karena driver yang “enggak biasa”. Contohnya, ya dokter itu. Bayangkan ada dokter yang sambilan jadi driver. Mungkin kalo ojek online enggak ada, enggak ada juga dokter nyambi ngojek. Ada yang cuma pencitraan, ada juga yang benar-benar menjadikan ojek online sebagai pekerjaan utama.
Penghasilan driver bisa dibilang lumayan. Katanya. Seorang teman pernah bilang, sehari bisa dapat Rp 200 ribu. Kalo setiap hari selalu sama dapat pendapatan bersih Rp 200 ribu, dalam sebulan dapat berapa? Silakan dihitung sendiri.
Banyak driver, banyak juga sikapnya. Ada yang ngajakin ngobrol customer, ada juga yang kalem, diam, nggak banyak omong. Salah satu khas dari ojek online menurutku karena ada interaksi antara driver dan customer. Pertama kali aku naik ojek online, emang ngobrol-ngobrol sama drivernya. Waktu naik ojek konvensional, enggak kepikiran ngajak ngobrol.
Istilah driver buat ojek kayaknya juga karena ada ojek online. Bukan lagi disebut “tukang ojek”, tapi driver. Nge-Gojek, nge-Grab, nge-Uber. Kehadiran ojek online penting tapi bukan kepentingan yang haqiqi a.k.a penting banget. Bagiku. Maksudnya kalo enggak ada ojek online, enggak terlalu berpengaruh sama mobilitas. Setiap hari juga naik kendaraan sendiri. Order Go-Food (yah.. sebut merk) cuma sesekali karena harga makanan yang jadi lebih mahal berkat ongkir yang dibebankan.
Ojek online udah jadi bagian gaya hidup. Kenapa naik ojek online lebih antusias dibanding naik ojek konvensional? Ya, karena gaya hidup. Ada semacam rasa yang beda naik ojek online. Berbanding terbalik waktu naik ojek konvensional yang rasanya biasa-biasa aja. Aku antusias tiap kali order ojek online. Kenapa antusias? Ya, karena ada rasa yang beda itu. Enggak setiap hari pake ojek online kok. Ya kali.. rugi bandar kalo tiap hari naik ojek online. Sometimes aku naik ojek online. Alasannya, malas bawa kendaraan sendiri. Saat-saat tertentu aja aku pake ojek online. Motor lagi dalam perbaikan, misal. Ngarep juga dapat driver yang “beda”. Naik moge, boleh juga. Wuidiiih... rasanya ngunu piye gitu.
Pertama kali naik ojek online, driver pake motor gede a.k.a motor laki. Driver masih muda. Asalnya dari Bali. Tinggal di Jogja karena kuliah, tapi waktu itu si driver bilang baru lulus kuliah. Kok masih ingat? Mungkin karena yang pertama. Naik taksi online (baca: Go-Car) pertama kali juga karena enggak sengaja. Awalnya naik Go-Ride (ah, sudahlah sebut merk aja), tapi karena hujan enggak selesai-selesai, pilih Go-Car. You know what I feel ketika hujan enggak kunjung berhenti, sementara kamu enggak bawa kendaraan sendiri. Itu juga dapet driver Go-Car lumayan lama. Sempet dapet, tapi hilang, nyari lama (lagi), sebelum akhirnya dapet.
Driver Go-Car ini juga masih muda. Usianya tiga-empat tahun di atasku. Aku tau ya karena kami ngobrol sepanjang perjalanan. Random. Pertama kali naik Go-Car... beuuh.. dingin! AC-nya kenceng banget. Hujan, AC maksimal, berasa kulkas. Coba kalo driver waktu itu peka dengan ngasih pelukan hangat. Gus, tolong jangan halu dan jangan ngawur. Pengen bilang AC dikecilin tapi... Rasanya norak banget kedinginan karena AC mobil. Gigi sampe agak gemeretak waktu itu. Untungnya karena sepanjang perjalanan ngobrol sama driver, dinginnya bisa tersamar. Gigilnya bisa dikamuflase.
Waktu itu kami banyak cerita. Apalagi posisi dalam Go-Car pas banget buat ngobrol. Katanya sebelum nge-Go-Car, driver ini (yang aku enggak ingat namanya) pernah kerja di.. bank kalo enggak salah. Resign karena ada ke-enggak cocok-an sama atasan. Akhirnya “banting setir” jadi driver. Si driver juga cerita tentang kisah cintanya. Katanya barusan cerai dan punya satu anak.
Pernah kepikiran jadi driver ojek online, tapi nantilah kalo badan udah atletis. Biar viral jadi driver unch. Ho ho~
Jogja, 09.10.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar