OJEK (ONLINE)
9 Oktober 2017
Sebelum ada ojek online, kayaknya enggak kepikiran pake ojek
buat ke mana-mana. Biasanya naik ojek karena baru pergi jauh, dari luar kota,
misal baru sampai stasiun, terminal, bandara. Bukan transportasi yang jadi
alternatif buat sehari-hari. Mungkin ada yang mobilitasnya pake ojek, tapi
kayaknya enggak sebanyak sekarang, eranya ojek online. Lebih tepatnya eranya semua-semua dapat dikabulkan dengan kantong ajaib (baca: online).
Sekarang banyak banget
driver transportasi kekinian satu ini di beberapa kota besar. Kekinian? Yah.. bisa dibilang seperti itu. Awal kemunculan
ojek online dulu cuma di Jakarta, tapi sekarang udah bisa dinikmati di
mana-mana. Jenisnya juga banyak, mulai dari Gojek, Grab, Uber, dan lain-lain,
dan entah apa lagi. Sebelum ada ojek online, transportasi umum yang bisa order
via online kayaknya udah ada. Taksi online? Bisa dipesan lewat telepon? Eh,
beda ding. Ini ‘kan pesan lewat telepon, bukan pesan lewat aplikasi. Bukan pake
koneksi internet, tapi pake pulsa. Oke, baiklah.
Awal kemunculan ojek online tahun 2010 di Jakarta. Gojek
sih. Grab, Uber dan kawan-kawan, silakan Google sendiri. Entah aku yang menganggap
Gojek paling banyak atau emang beneran paling banyak, tapi kayaknya jumlah
driver Gojek lebih banyak daripada driver Grab dan Uber. Mungkin seimbang. I don’t
know. Aku enggak melakukan survey. Cuma berasumsi. Apapun merk ojek online, sama aja. Sama-sama harus order
via aplikasi yang diunduh. Harus ada internet (namanya juga online).
Namanya hidup, pasti ada drama. Ojek juga punya drama. Ojek online dan ojek konvensional sampai blog ini ditulis, tetap masih jalan dramanya, entah masuk episode berapa, tapi aku enggak mau
ngomongin dramanya. Biarlah. Cuma bisa berharap semoga dramanya cepat kelar.
Sekarang,
menjamurnya ojek online di beberapa kota besar, bikin minat jadi driver juga menjamur. Banyak yang menjadikan ojek online sebagai sampingan. Ada juga yang
full time. Ada driver yang muda, tua, cowok, cewek, ganteng, cantik, bahkan ada juga
driver warga negara asing (walau akhirnya ketauan cuma cari sensasi).
Pertama kali ojek online mulai populer, banyak banget yang daftar
jadi driver. Katanya ada dokter yang “sambilan” ojek online. Image ojek
perlahan mulai berubah. Bukan lagi pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Mungkin karena cara yang dipake beda (baca: online), waktu itu banyak
banget yang jadi driver. Ojek online mulai viral, terutama karena driver yang “enggak
biasa”. Contohnya, ya dokter itu. Bayangkan ada dokter yang sambilan jadi
driver. Mungkin kalo ojek online enggak ada, enggak ada juga dokter nyambi ngojek. Ada yang cuma pencitraan, ada juga yang benar-benar menjadikan ojek
online sebagai pekerjaan utama.
Penghasilan driver bisa dibilang lumayan. Katanya. Seorang
teman pernah bilang, sehari bisa dapat Rp 200 ribu. Kalo setiap hari selalu
sama dapat pendapatan bersih Rp 200 ribu, dalam sebulan dapat berapa? Silakan dihitung
sendiri.
Banyak driver, banyak juga sikapnya. Ada yang ngajakin ngobrol
customer, ada juga yang kalem, diam, nggak banyak omong. Salah satu khas dari ojek online menurutku karena ada
interaksi antara driver dan customer. Pertama kali aku naik ojek online, emang
ngobrol-ngobrol sama drivernya. Waktu naik ojek konvensional, enggak kepikiran
ngajak ngobrol.
Istilah driver buat ojek kayaknya juga karena ada
ojek online. Bukan lagi disebut “tukang ojek”, tapi driver. Nge-Gojek,
nge-Grab, nge-Uber. Kehadiran ojek online penting tapi bukan kepentingan yang haqiqi a.k.a penting banget. Bagiku. Maksudnya kalo enggak ada ojek online, enggak terlalu berpengaruh sama
mobilitas. Setiap hari juga naik kendaraan sendiri. Order Go-Food (yah.. sebut merk)
cuma sesekali karena harga makanan yang jadi lebih mahal berkat ongkir yang
dibebankan.
Ojek online udah jadi bagian gaya hidup. Kenapa naik ojek
online lebih antusias dibanding naik ojek konvensional? Ya, karena gaya hidup. Ada
semacam rasa yang beda naik ojek online. Berbanding terbalik waktu naik ojek konvensional yang rasanya biasa-biasa aja. Aku antusias tiap kali order ojek online. Kenapa antusias?
Ya, karena ada rasa yang beda itu. Enggak setiap hari pake ojek online kok. Ya kali..
rugi bandar kalo tiap hari naik ojek online. Sometimes aku naik ojek online. Alasannya,
malas bawa kendaraan sendiri. Saat-saat tertentu aja aku pake ojek online. Motor
lagi dalam perbaikan, misal. Ngarep juga dapat driver yang “beda”. Naik moge, boleh
juga. Wuidiiih... rasanya ngunu piye gitu.
Pertama kali naik ojek online, driver pake motor gede a.k.a motor
laki. Driver masih muda. Asalnya dari Bali. Tinggal di Jogja
karena kuliah, tapi waktu itu si driver bilang baru lulus kuliah. Kok masih ingat? Mungkin karena yang pertama. Naik taksi online (baca: Go-Car)
pertama kali juga karena enggak sengaja. Awalnya naik Go-Ride (ah, sudahlah sebut
merk aja), tapi karena hujan enggak selesai-selesai, pilih Go-Car. You know what I feel ketika hujan enggak kunjung berhenti, sementara kamu enggak bawa kendaraan sendiri. Itu juga dapet driver Go-Car lumayan lama. Sempet dapet, tapi hilang, nyari lama (lagi), sebelum akhirnya dapet.
Driver Go-Car ini juga masih muda. Usianya tiga-empat
tahun di atasku. Aku tau ya karena kami ngobrol sepanjang perjalanan. Random. Pertama kali naik Go-Car... beuuh.. dingin! AC-nya kenceng
banget. Hujan, AC maksimal, berasa kulkas. Coba kalo driver waktu itu peka
dengan ngasih pelukan hangat. Gus, tolong jangan halu dan jangan ngawur. Pengen
bilang AC dikecilin tapi... Rasanya norak banget kedinginan karena AC
mobil. Gigi sampe agak gemeretak waktu itu. Untungnya karena sepanjang
perjalanan ngobrol sama driver, dinginnya bisa tersamar. Gigilnya bisa
dikamuflase.
Waktu itu kami banyak cerita. Apalagi posisi dalam Go-Car pas
banget buat ngobrol. Katanya sebelum nge-Go-Car, driver ini (yang aku enggak
ingat namanya) pernah kerja di.. bank kalo enggak salah. Resign karena ada ke-enggak cocok-an sama atasan. Akhirnya “banting setir” jadi driver. Si driver juga cerita tentang
kisah cintanya. Katanya barusan cerai dan punya satu anak.
Pernah kepikiran jadi driver ojek online, tapi nantilah kalo badan udah atletis. Biar viral jadi driver unch. Ho ho~
Jogja, 09.10.2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar