MARAH

Setiap orang pasti pernah marah. Sesabar-sabarnya kita, pasti ada masa amarah yang ditahan melesak keluar. Kalo kita bisa mengendalikan emosi satu ini, good job! Saat marah, kata psikolog, kita harus sadar lagi marah biar bisa dikendalikan. Amarah yang meledak-ledak bisa jadi boomerang buat diri-sendiri. Pernah setelah marah, ada rasa semacam menyesal udah marah-marah? Bisa jadi ini karena marah yang enggak terkontrol. Langsung dikeluarin gitu aja.
Marah juga bisa menguras energi. Secara ilmiah, aku enggak begitu 'ngeh', tapi berdasarkan pengalaman, emang iya. Marah-marah bikin capek, capek hati. Rasanya kayak lemas gitu. Terlalu melepas amarah, masih kata psikolog, selain capek hati, juga capek pikiran, capek fisik. Terlalu menahan amarah bukan berarti bagus. Justru bisa jadi kayak semacam gunung es. Efeknya baru terasa nanti-nanti. Katanya, amarah yang selalu dipendam bisa memengaruhi kesehatan. Bikin penyakit. Kalo memang marah, ya marah aja, keluarin, tapi harus ingat jangan lepas kendali. Pernah dengar istilah 'gelap mata'? Marah yang meledak enggak terkendali bisa bikin gelap mata. Enggak lagi bisa berpikiran jernih, apalagi menyadari lagi marah. Bahaya banget kalo udah kayak gini. Bisa-bisa tanpa sadar melakukan sesuatu yang di luar akal sehat.
Keren banget orang yang bisa mengendalikan amarahnya dengan baik. Enggak meledak-ledak, enggak juga ditahan-tahan. Balance. Manajemen emosinya very good nih. Kita harusnya bisa balance ngatur emosi, entah itu marah, senang, sedih, dan kawan-kawan. Sesuatu yang berlebihan emang enggak baik 'kan? Harus banyak bersabar. Marah yang dikeluarkan bukan pada waktu yang pas justru bisa bikin kita nyesel, malu, atau apalah rasa yang enggak ngenakin di hati. Ada yang bilang, kesabaran itu ada batasnya, tapi sejatinya kesabaran itu enggak ada batas kok. Orang yang bilang kesabaran ada batasnya, berarti dia orang yang lemah dan menyerah. Seberat apapun permasalahan yang kita hadapi, sabar jadi salah satu kunci buat mengatur amarah. Tetap dijaga dan enggak meledak-ledak. Sabar juga bisa jadi kekuatan buat kita tetap menghadapi setiap masalah yang datang.
Marah, wajar. Kita punya rasa kok. Enggak wajar itu kalo kita marah-marah mulu. Dikit-dikit marah. Enggak capek? Terlalu banyak marah enggak baik buat jiwa dan kesehatan. Mau coba? Efek samping tanggung sendiri loh ya.
Pernah enggak pas lagi marah, kita langsung senyum? Dua emosi yang kontras banget. Rasanya juga aneh. Harapannya dengan senyum, amarah bisa menurun dan hilang, tapi yang ada justru nyesek. Bisa dicoba. Bukan berarti enggak mungkin, senyum bisa menurunkan amarah. Kadang kita justru terlalu menuruti amarah. Bisa dikendalikan, tapi karena amarah udah mulai ambil alih, ya.. udah, lepas aja, tanpa mikir lagi sebenarnya bisa enggak pake marah-marah.
Jogja, 31.10.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar