Jumat, 10 Juni 2016

WAKTU DARI NEGERI SEBERANG

#Day_4

“Kita Islam, kita tahu ayatnya, tapi kenapa kita kalah dengan mereka yang Islam saja juga enggak?”

Entah harus greget atau apa mendengar kata-kata seorang teman itu, tapi memang ada benarnya juga. Terkadang kita lupa (atau terlalu sering lupa?) apa yang dipelajari enggak diterapkan dalam kehidupan nyata. Hanya sekedar mempelajari & menggugurkan kewajiban.

Contoh paling sederhana adalah waktu. Apa waktu bisa kembali? Ya, waktu bisa kembali asal mesin waktu telah diciptakan. Apa itu mungkin? Ya, mungkin suatu hari. Baiklah, mari berkhayal sebentar.

Jika mesin waktu memang ada, bukan ingin mengulang waktu itu, tapi hanya ingin memaksimalkan waktu yang besarnya sama buat setiap orang. Contoh yang paling sering terjadi adalah janji untuk bertemu.

Bagi sebagian orang ini sepele atau mungkin bisa dibilang enggak penting, tapi kebiasaan baik harus tetap dibiasakan ‘kan? Masih banyak yang terbiasa mengulur-ulur waktu. Sengaja datang di menit terakhir atau bahkan lewat dari waktu yang telah disepakati. Masih lebih baik datang di menit terakhir daripada sengaja menunda nanti-nanti. Lagi-lagi selalu ada pemakluman dari setiap kesalahan. Ah, kita memang terlalu baik. Kalau begini, siapa yang dirugikan?

Disiplin waktu kita dengan disiplin waktu orang-orang dari negeri seberang seperti bumi dan langit. Beberapa dari mereka ada yang bukan Islam, tapi justru menerapkan apa yang tertuang dalam kalam-kalam Langit.

Belajar dari diri-sendiri. Berikan contoh yang seharusnya. Memang enggak gampang membuat seseorang (dan diri kita) berubah. Perlu proses dan enggak sekali jadi.

Salah satu contoh yang membuat miris, keterlambatan masih kita anggap sebagai hal yang terlalu biasa. Enggak ada 'hukuman sosial'. Mereka yang terlambat pun akan menganggapnya biasa dan akan mengulangnya nanti-nanti.

Ini baru contoh kecil yang sederhananya bisa (atau bahkan sering) terjadi di dunia nyata. Bagaimana dengan contoh-contoh yang lain? Masih butuh banyak perubahan.

10.6.2016
#29HariMenulisCinta

0 komentar:

Posting Komentar

© B A G U S A D I S A T Y A 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis