Minggu, 19 Juni 2016

REAL YOU



#Day_13

Benarkah seseorang akan ketahuan seperti apa sifat sebenarnya setelah berurusan dengan uang? Bisa jadi. Uang kadang membutakan segalanya. Uang bikin orang mabuk-kepayang, saling sikut bahkan dengan saudara sendiri. Sudah banyak cerita tentang seseorang membunuh karena uang. Seseorang menghilangkan nyawa ‘hanya’ karena hal sepele. Na'udzubillah...

Uang itu memang racun, berapapun besarnya nominal. Pernah mendengar seseorang membunuh karena uang receh? Hanya seharga sebatang rokok? Dunia memang sudah keblinger. Kemanusiaan bisa dihargai dengan nominal uang.

Hati-hati dengan jerat manis uang yang berduri dibaliknya. Semakin tinggi status sosial seseorang, semakin manis jerat yang siap menyerang. Coba bayangkan jika kau diserang oleh sesuatu yang justru membuatmu terlena? Apa kau tetap waspada? Atau justru terhanyut?

Maling-maling yang main ‘cantik’ di kursi pemerintahan bukankah dulu, saat menjadi mahasiswa, atau bahkan sesaat sebelum terjerat manisnya uang, adalah orang yang punya idealisme? Mereka, maling-maling itu, paham bahwa mencuri adalah perbuatan nista, tapi mata mereka dibutakan. Sepertinya bagi mereka, kata ‘mencuri’ hanya berlaku untuk sebatang kayu, sebiji cokelat, bukan untuk berlembar-lembar kertas berwarna merah bergambar Presiden pertama RI milik orang banyak.

Miris! Uang bisa memperlihatkan seperti apa dirimu yang sebenarnya. Apakah amanah atau justru khianat? Astaghfirullah...

Uang memang bukan segalanya, orang bijak selalu bilang begitu, tapi mari bicara realita. Kita butuh uang? Iya, butuh. Kita bisa hidup tanpa uang? Bisa hidup, bisa.. tapi jika enggak mengantongi serupiah pun uang, apa bisa ‘hidup’? Jadi bar-bar, iya. Uang memang bisa melenakan, tapi sebagai hamba yang mengharap bisa berkumpul di Tanah Kerinduan, seharusnya benar-benar menjaga hati dari manisnya perangkap bernama uang.

Memang susah, tapi enggak ada yang susah di dunia ini jika terus mengingat Yang Maha Tinggi dan menyerahkan segala perkara tetek-bengek ini kepada-Nya.

Hidup memang selalu ada cobaan. Selalu...

19.6.2016
#29HariMenulisCinta

1 komentar:

  1. Social climber adalah salah satu fenomena unik yg jamak terjadi hari ini

    BalasHapus

© B A G U S A D I S A T Y A 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis