Rabu, 15 Juni 2016

CERITA DI JOGJA



#Day_9

Keren ya puasa di Inggris?
Wah.. ternyata Ramadhan di Kanada begitu ya?

Hei, ada yang terpikirkan Ramadhan di Jogja? Ada dong. Siapa? Siapa? Angkat tanganmu Shaggy. Ramadhan di Jogja sama istimewanya dengan Ramadhan di negeri seberang. Bahkan justru lebih unforgettable Ramadhan di Jogja.

Secara wilayah, jelas beda antara Inggris dan Jogja. Kebumen dan Jogja saja yang masih satu negara juga berbeda, apalagi yang beda negara? Budaya dan orang-orangnya juga pasti berbeda, tapi sensasi kemeriahan Ramadhan yang paling bikin kangen ya di negeri sendiri, salah satunya Jogja.

Ramadhan di negeri asing tentu punya cerita seru bagaimana menghadapi perbedaan dan segala macamnya. Selain itu apalagi? Pasti banyak yang enggak bakal terlupakan, tapi Ramadhan di Jogja, lebih-lebih enggak bakal terlupakan ‘kan?

Ada yang bilang, Ramadhan di negeri seberang enggak berasa Ramadhan-nya, tapi ujian iman-nya berasa banget. Apalagi kalau ada di negara yang mayoritas bukan Muslim. Tantangan banget ‘kan puasa Ramadhan-nya? Tapi.. walau Indonesia mayoritas penduduknya Muslim, bukan berarti ‘sepi tantangan’ ya. Ujian iman bisa datang kapan saja ‘kan?

Ramadhan di Jogja tentu enggak kalah istimewa dengan Ramadhan di Inggris, Ramadhan di Kanada, Ramadhan di hatimu? Setiap sore akan ada kemeriahan di sepanjang jalan. Ada juga yang sudah stand by jam 2 siang dengan aneka rupa takjilan. Pilihannya banyak. Kalau enggak dikendalikan, bisa-bisa ‘lapar mata’. Ada juga kawasan yang didesain khusus Ramadhan. Kegiatan keagamaannya juga berasa banget. Meriahnya beda.

Banyak yang bikin Ramadhan di Jogja terasa beda dibanding bulan lainnya. Ramadhan bikin jam kantor dipangkas. Ramadhan bikin jam sekolah diminimalkan. Ramadhan bisa bikin teman lama berkumpul kembali. Ramadhan yang menyatukan.

Cuaca saat Ramadhan di Jogja bisa dibilang masih well. Panas ya panas, tapi masih standar dan bisa ditolerir. Dingin pun sama. Waktu berpuasa pun standar enggak sampai banyak banget kayak di negera tetangga.

Urusan makanan, Ramadhan di Jogja enggak perlu bingung. Banyak kedai makanan yang bervariasi siap menyambut buka puasa. Kemeriahan-kemeriahan Ramadhan di tiap tempat memang berbeda, tapi yang jelas punya satu kesamaan: bulan ini adalah bulan baik, mari berlomba dalam hal yang baik-baik.

15.6.2016 
#29HariMenulisCinta

3 komentar:

  1. Ramadhan di Jogja adalah dua kerinduan yg selalu berkali-lipat untuk dirindukan. Karena sangat sulit untuk dilupakan.

    BalasHapus
  2. Yes, that's true! Buruan balik ke sini, Syad.

    BalasHapus
  3. jogja tetap istimewa #pemburutakjil :)

    BalasHapus

© B A G U S A D I S A T Y A 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis