Selasa, 27 Oktober 2015

BERUBAH


Perubahan pasti selalu ada. Nggak ada seorang pun yang bisa menghindari perubahan. Mau nggak mau memang harus berubah. Perubahan bisa ke arah yang baik, bisa juga sebaliknya. Berubah ke arah yang baik, siapa nolak? Berubah ke arah nggak baik, katanya nggak ada yang mau, tapi faktanya ada kok yang berubah ke arah yang lebih buruk. Bisa jadi menyadari perubahan, tapi sengaja mengabaikan.

Perubahan yang mau nggak mau harus berubah adalah karena waktu. Nggak mungkin 'kan menolak berubah hanya karena waktu yang terus berjalan? Nggak ada seorang pun yang dapat menghentikan waktu, kecuali memutuskan buat menghentikan waktunya sendiri.

Perubahan yang bisa diterima atau ditolak adalah perubahan dari diri-sendiri. Kita ingin berubah, hanya diri sendiri yang bisa mengubahnya. Berubah positif atau justru negatif, tergantung dari kita menyikapinya. Kalo sudah usaha keras, nggak nyerah, pasti bakal ada hasilnya. Kalo nggak usaha, hanya diam menyilangkan kaki dan tangan, gimana mau menghasilkan?

Siap menerima perubahan? Perubahan karena waktu, aku nggak selalu siap. Terkadang aku justru ingin kembali ke masa lalu, karena di beberapa hal, masa lalu terasa lebih baik dari sekarang (mungkin aku hanya kangen masa lalu).

Berubah ke arah yang lebih baik, jelas aku mau, tapi semakin tinggi pohon, semakin kencang anginnya. Banyak godaan buat berubah ke arah yang lebih baik. Aku nggak menyerah. Aku berusaha membuat perubahan positif dalam diriku walau susah dan tertatih-tatih.

Jogja, 27 Oktober

0 komentar:

Posting Komentar

© B A G U S A D I S A T Y A 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis