HARI PERTAMA

KKN a.k.a Kuliah Kerja Nyata banyak manfaatnya. Paling besar yang aku rasakan, cara berbaur dengan masyarakat. Aku memang bukan tipe orang yang bermasyarakat, tapi bukan berarti aku berdiam-diri di rumah terus lho. Cuma, untuk interaksi dengan masyarakat memang masih kurang. Apalagi saat aku mulai Aliyah dan sekarang kuliah. Nggak setiap hari di rumah.

KKN-ku di Dusun XI Bapangan, Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Desa yang terasa "desa". He he he... Maksudku bukan desa di pinggiran kota. 11-12-lah sama desaku, Jogosimo. Semua warga Bapangan, Islam. Ada yang NU, Muhammadiyah. Masjid/ mushola yang khusus NU/ Muhammadiyah pun ada, tapi nggak jadi masalah. Tetap rukun dan damai. Pagi hari, terutama saat subuh, dinginnyaaa kebangetan. Aku sampai menggigil lho saking dinginnya. Godaan banget saat akan sholat subuh.

Waktu yang diperlukan untuk KKN nggak lama. Cuma 1 bulan beberapa minggu. Bahkan nggak sampai 2 bulan. KKN ini, aku dipercaya sebagai Ketua yang katanya gara-gara aku yang SMS duluan saat pembagian kelompok. Waktu itu memang pembagiannya diumumin di SIA (Sistem Informasi Akademik), jadi masing-masing mahasiswa KKN dapat melihat sendiri kelompoknya tanpa harus berdesak-desakkan di depan papan pengumuman (hei, ini kampus digital, bro!).

Aku nggak mau jadi Ketua karena ada yang lebih pantas menyandang jabatan terhormat itu. Saat pembuatan struktur dalam kelompok, dia yang pantas jadi Ketua nggak datang. Teman-teman yang hadir pun sepakat (entah iya/ nggak) aku jadi Ketua. Aku pun akhirnya menerima keputusan itu.
Hari pertama di tempat KKN, full di kamar karena hujan terus turun. Nggak ada aktivitas di luar ruangan sama sekali. Cuma nonton film di laptop, main smartphone, yah.. begitulah. Katanya, ada badai di negara tetangga, kayaknya Filipina. Itulah penyebab hujan terus seharian.

Banyak kepala, bermacam kepribadian, harus terus bersama dalam satu atap selama 1 bulan. Harus banyak mengerti dan menekan ego. Pernah dengar, jika ingin tahu sifat seseorang, tinggalah bersama selama 3 hari. Tinggal bareng teman-teman KKN bahkan lebih banget dari 3 hari. Makanya kami tahu sifat masing-masing.
Kebumen, 2 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar