Kamis, 27 Desember 2012

Yakin Bisa, Pasti Bisa

Benar banget tuh. Kita bisa kalo kita yakin emang bisa. Aku bisa menjadi penyiar radio yang baik jika aku yakin bisa. Memang untuk menuju ke arah itu, dibutuhkan proses yang nggak instan. Harus terus berusaha, berlatih, berusaha, berlatih, berkali-kali. Yang penting itu, komitmen untuk istiqomah. Rutin. Latihan pernafasan diafragma, latihan power, artikulasi, senam wajah, humming, motor boat, semuanya harus rutin dilakukan tiap hari, bukan tiap kali ada kemauan. Malas? Harus dipaksakan! Sesuatu akan menjadi terbiasa jika kita membiasakannya. Begitu juga dengan latihan teknik vokal ini. Aku harus buang jauh-jauh rasa malas. Ingat, tujuan kita apa. Tujuanku latihan teknik vokal ini tentu untuk jadi penyiar radio yang baik, penyiar radio dengan suara bulat, yang pastinya pas siaran nggak terjadi human error. Aku juga harus ingat salah satu keinginanku, part time job sebagai penyiar radio, seperti Lukman Haswara. Aku harus ingat itu baik-baik.
"Jangan mencari kambing hitam, tapi cari apa masalahnya," kata Vedy Santoso, senior di Rasida yang kadang komennya begitu cetarrr di hati. Yup, bener banget apa kata Mas Vedy. Selama ini kalo nggak bisa ngelakuian sesuatu atau ada hal yang nggak sesuai dengan rencana, aku nyari kambing hitam. Aduh... ini pasti gara-gara aku... Karena ini nih...
Mulai sekarang harus ngubah mindset. Bukan mencari kambing hitam, mencari apa yang disalahkan, tapi nyari apa masalahnya. Suaraku sekarang masih nggak beda sama suara VO pas oprec. Apa masalahnya? Aku jarang latihan. Latihanku berkala, kala-kala iya, kala-kala nggak. Nah, ketemu kan apa masalahnya? Aku harus terus berlatih, berlatih, berlatih, dan berlatih. Pokoknya tiada hari tanpa latihan. Dan latihan ini bukan cuma sekarang aja pas suara masih belum kebentuk, tapi latihan lagi seterusnya. Bahkan penyiar radio yang suaranya udah bulat, udah bagus, tetep harus latihan. Ibarat pisau, setajam apapun pasti akan menjadi tumpul jika nggak diasah.
Ya, latihan terus dan ingat mimpi dan keinginanmu Gus. Yakin bisa, pasti bisa!

0 komentar:

Posting Komentar

© B A G U S A D I S A T Y A 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis