SEBELUM ERA MOBILE LEGENDS

(https://www.upstation.id/2017/09/16/inilah-45-wallpaper-hd-mobile-legends-terbaru-download-sekarang/)

Permainan role-playing a.k.a RPG bisa dibilang punya banyak penggemar. Everlasting gitulah. Sejak dulu sampai sekarang, jenis permainan satu ini tetap jadi favorit. Saya salah satunya. Saya suka banget permainan memerankan karakter, terutama tema-tema fantasi. Permainan jenis ini ngasih kebebasan memilih karakter. Beberapa permainan bahkan ada yang bisa mendesain karakter sendiri.
Generasi sekarang mungkin familiar sama role-playing games di PC atau smartphone, tapi role-playing yang dimainkan secara nyata mirip ular tangga dan monopoli juga ada. Menurut Wikipedia, role-playing games ini namanya live-action role-playing. Pemain harus pakai kostum untuk memerankan karakter tertentu. Sementara computer role-playing games dan console role-playing games yang paling banyak dikenal generasi sekarang memang spesifik mengarah sama permainan berbasis elektronik karena populer banget. Sepertinya RPG live-action sekarang jarang dimainkan.
RPG paling populer dimiliki Final Fantasy. Jauh sebelum Mobile Legends mendunia, Final Fantasy hadir memberikan petualangan seru di PC dan Playstation. Mobile Legends memang sangat populer, tapi RPG seri Final Fantasy tetap punya penggemarnya sampai sekarang.
Games sejenis Mobile Legends ini masuk kategori MOBA, Multiplayer Online Battle Arena. Permainan kategori ini sudah ada sejak tahun 90-an. Cara mainnya lebih-kurang mirip Mobile Legends, menghancurkan markas musuh yang dibantu AI (artificial intelligence). Game pertama jenis MOBA belum punya grafis yang keren, tapi buat ukuran waktu itu grafisnya banyak yang bilang keren sih. Kecanggihan teknologi yang bikin grafis games MOBA semakin ciamik. Contoh yang paling populer sekarang, Mobile Legends. Bisa dibilang Mobile Legends dan RPG smartphone sejenis adalah games paling simpel dibanding RPG PC. Strategi yang dipake enggak ribet. Buat yang punya skill dewa main RPG PC, Mobile Legends kayak kacang goreng. RPG smartphone semacam Mobile Legends memang populer banget, tapi RPG PC semacam Defense of The Ancient a.k.a DOTA tetap nomor satu. Enggak heran ada yang berhari-hari main DOTA, bahkan ada turnamennya juga yang hadiahnya menggiurkan banget. Cara cerdas main ya begini. Bisa menghasilkan uang.
Jogja, 06.03.2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar