GERHANA BULAN (YANG) ISTIMEWA

Setiap fenomena alam pasti menarik perhatian banyak orang. Salah satunya malam ini, gerhana bulan yang terjadi tiap 150 tahun sekali. Bisa dibilang, gerhana bulan kali ini special karena ada warna biru dan merah. Biasanya cuma hitam. Dikutip dari news.liputan6.com, warna biru ini karena bulan purnama kedua muncul dalam satu kalender yang sama. Nah, warna merah karena bulan ada di bawah bayang-bayang bumi dan sinar matahari memantul ke atmosfer bumi yang mengarah ke bulan. Hasilnya bulan jadi berwarna merah, semerah darah.
Twitter enggak melewatkan kesempatan langka ini. Ada emoji khusus di tagar #SuperBlueBloodMoon. Sekilas emoji ini mirip cookies. Banyak yang memeriahkan fenomena alam ini. Apalagi dengan perkembangan media sosial yang fantastis, tagar #SuperBlueBloodMoon jadi trending topic dan banyak juga yang menyiarkan secara langsung gerhana bulan istimewa ini. BMKG juga enggak mau kalah loh. Yah.. fenomena yang terjadi tiap 150 tahun sekali, sayang banget kalo dilewatin begitu saja.
Melihat langsung gerhana bulan enggak berbahaya kok. Enggak kayak gerhana matahari yang bisa merusak retina dan perlu alat khusus buat melihat fenomena ini. 150 tahun lagi bakal kayak apa ya? Saat gerhana bulan special ini terjadi (lagi). Bumi semakin tua, semakin mendekati akhir? Semoga 150 tahun ke depan, saat gerhana bulan ini terjadi, bumi masih baik-baik saja.
Jogja, 31.01.2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar