MENU

Masih ingat menu 4 Sehat 5 Sempurna? Dulu waktu SD, poster menu ini pasti ada di setiap kelas. Aku masih ingat banget posternya nempel di dinding kelas, entah waktu aku kelas 3 atau 4, rada-rada lupa, tapi posternya masih terekam jelas di kenanganku. Zaman now, gaya hidup sehat, tentunya juga menu makan yang sehat, jadi satu kebutuhan. Enggak sedikit yang sangat menjaga pola makan dan pola hidup for a better future. Tau sendiri 'kan sekarang makanan olahan pabrik buanyaaak banget? Aku misalkan. Bisa dibilang tiap hari makan makanan olahan pabrik. Sarapan, lumayan sering biskuit dan susu UHT. Olahan pabrik 'kan? Belum lagi makanan/ jajanan lain yang banyak bertebaran dan gampang didapat. Bahan-bahannya, beuuuh... bikin ngeri kalo dikonsumsi terus-terusan. MSG, pewarna, pengawet, everyday kita makan semua itu. Mungkin ini kali ya yang bikin masa hidup orang zaman now enggak kayak orang zaman old yang kebanyakan berumur panjang dan tetap sehat, sakit karena usia tetep ada juga. Banyak banget sekarang yang menjadikan hidup sehat, termasuk makanan sehat yang kita makan, sebagai gaya hidup.
Makanan sehat atau makanan seimbang itu, hasil kepo di Google, satu jenis atau lebih makanan pokok sumber karbohidrat, beras, jaging, gandum, ubi, kentang, sagu, dll, satu jenis atau lebih lauk-pauk yang jadi sumber protein, mulai dari kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging. Memilih makanan sehat enggak seribet yang dibayangkan, ah.. pasti mahal, blablabla... Hayoo.. pilih mahal demi makanan sehat atau mahal demi penyembuhan karena sakit? Makanan sehat enggak semahal yang dibayangin kok. Mencampur, istilahnya food combaining, bisa banget kita lakuin di rumah. Bahan makanannya juga enggak harus yang wow. Cukup yang sederhana, misal nasi putih dicampur sayuran yang lumayan banyak. Kalo pilih nasi, memang harus dibatasi banget. Satu porsi harus banyak menu sayur, banyakin makanan sehat.
Gimana dengan orang yang menjadikan lele goreng, jeroan, telor ceplok dalam satu porsi dimakan bersamaan? Menurutku berlebihan. Menu 4 Sehat 5 Sempurna pasti juga memilih antara telor atau ayam. Ada lele goreng, singkirkan ati-ampela. Jangan berlebihan.
Kita memang harus bijak memilih makanan, biar yang seharusnya dijaga tetap terjaga. Bukan memakan yang kita inginkan, tapi makanlah makanan yang tubuh inginkan. Bijak dari sekarang demi kebaikan manfaat nanti dan seterusnya.
Jogja, 24.11.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar