CUCI TANGAN

Sebelum makan cuci tangan dulu. Masih melakukan kebiasaan ini? Bisa dipastikan sebagian besar dari kita enggak lagi melakukan kebiasaan baik itu. Kok rasanya ribet ya sebelum makan cuci tangan, setelah makan cuci tangan, selesai dari toilet cuci tangan, pakai sabun pula. Jadi ke mana-mana harus bawa sabun? ‘Kan sekarang ada hand sanitizer. Lebih praktis. Iya, tapi katanya cuci tangan pake hand sanitizer enggak seampuh cuci tangan pake sabun. Katanya, hand sanitizer cuma bikin kuman pingsan, enggak membunuhnya.
Hand sanitizer efektif juga kok membunuh kuman, cuma memang enggak seampuh pake sabun cuci tangan. Alkohol yang ada di hand sanitizer bisa bikin kuman di tangan minggat, tapi dengan catatan, tangan enggak kotor banget ya. Misal tangan belepotan tanah atau baru selesai makan Nasi Padang tanpa sendok alias langsung pake tangan. Nah.. yang begini harus cuci tangan pake air mengalir dan sabun. Kalo pake hand sanitizer, bisa dibayangin rasa enggak nyamannya? Ya, begitu rasanya.
Hari ini adalah Hari Cuci Tangan Sedunia. Momennya pas ngomongin cuci tangan. Sejujurnya aku jarang banget cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah dari toilet. Ya cuma sekedar dibasuh pake air (tanpa sabun). Kayaknya setelah ini aku akan beli hand sanitizer. Buat cuci tangan yang ringan (baca: enggak belepotan lumpur, minyak, atau apalah yang sejenis), pas banget pake hand sanitizer. Praktis, enggak ribet, oles-oles, beres!
Ada tips sebelum beli dan pake hand sanitizer. Pastikan ada kandungan alkohol, karena hand sanitizer bebas alkohol enggak terlalu efektif mengusir kuman. Pemakaian hand sanitizier buat anak-anak juga harus diperhatiin banget. Jangan sampai hand sanitizer tertelan. Harus dioles ke tangan, diratakan, sampai ke sela-sela jari juga, dan harus kering. Kalo masih basah, terus main comot bakwan baru matang, don’t try this at home. Mau makan bakwan rasa hand sanitizer?
Ada yang bilang, "Aku enggak pernah (atau jarang) cuci tangan juga sehat-sehat aja." Ya.. itu karena daya tahan tubuh kuat. Kuman yang masuk berhasil dilawan. Bangga gitu enggak (atau jarang) cuci tangan? Berkat Hari Cuci Tangan Sedunia hari ini, aku semacam disadarkan buat rajin cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah dari toilet, setelah ber-anu-anu. Masih banyak yang mengharuskan cuci tangan setelah melakukan sesuatu, yah.. setelah berkotor-kotoran musti cuci tanganlah. Waktu utama buat cuci tangan ada di tiga kondisi di atas. Selebihnya kondisional begitulah.
Hati-hati iritasi karena hand sanitizer. Emang bisa? Iya, bisa. Kalo setelah pake hand sanitizer kulit tangan rasanya panas, enggak nyaman, enggak enak, bahkan sakit, wah.. musti langsung dihentikan pemakaian hand sanitizer tuh. Tanda-tanda iritasi. Kok serem ya? Enggak langsung ujug-ujug iritasi kok. Tergantung sensitivitas kulit seseorang. Ada juga kulit yang lebih sensitif dibanding kulit orang lain.
Cuci tangan pake sabun juga ada aturannya. Enggak cuma asal kasih sabun, busa banyak, basuh-basuh. Seluruh tangan harus kena sabun, bahkan sampai sela-sela jari juga. Gerakan cuci tangan juga ada aturannya. Ada gerakan lima ujung jari memutar di telapak tangan, jempol yang terkena sabun dioles memutar, dan meremas-remas jari. Kurang lebih hampir semenitlah. Terakhir, tentunya membasuh tangan dengan air mengalir yang bersih. Bukan air comberan. Ya kali, Gus. Cuci tangan pake hand sanitizer hampir mirip gerakannya tapi enggak sedetail itu. Asal seluruh tangan sampai sela-sela kena hand sanitizer, amanlah. Harus sampai kering loh. Jangan masih basah terus pegang makanan.
Sabun cuci tangan 'kan banyak tuh. Ada yang warna-warni, aroma buah (mungkin ada juga aroma manis semisal cokelat?), tapi busanya enggak melimpah. Ada juga sabun cuci tangan yang warnanya putih susu, lebih kental, dan lebih banyak busa. Pilih yang mana? Ada juga sabun batangan. Nah loh? Dokter bilang, cuci tangan pake sabun cuci tangan atau sabun batangan sama-sama efektif membunuh kuman karena ada kandungan antiseptik.
Lebih baik lagi pake sabun cuci tangan (bukan batangan) karena kuman dari si pengguna sabun enggak bakal berpindah. Sabun batangan yang dipake bersama, tau sendiri 'kan? Ya.. karena dipake bersama itu.
Hari Cuci Tangan Sedunia jadi ngingetin pentingnya cuci tangan. Aku sih jadi semacam mendapat pencerahan. Ah, sa ae lu, Tol, eh.. Tong. Setelah ini beli hand sanitizer deh.
Yes! Propanda berhasil!
Propaganda kesehatan?
Jogja, 15.10.2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar