BANGGA JADI PEMUDA (INDONESIA)

Hei, kamu. Iya kamu, pemuda (Indonesia). Udah melakukan apa aja? Banyak positif atau negatif? Pasti banyak yang positif 'kan? Pastilah. Pemuda (Indonesia) gitu. Kalo banyakan negatif, bukan pemuda (Indonesia) namanya.
Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai Pemuda (Indonesia)! Buat yang berjiwa muda juga, kok. Enggak usah patah arang gitu kalo merasa enggak dipanggil. Apa sumpahmu hari ini? Aku bersumpah! Satu...
Sedikit flashback ke masa lalu, tepatnya tahun 1928, Sumpah Pemuda pertama kali diikrarkan. Ikrar~ Duh.. bahasanya. Sumpah Pemuda jadi bagian penting dari Indonesia yang menegaskan persatuan sebagai suatu negara. Ingat istilah berbeda-beda tapi tetap satu jua? Yap! Indonesia itu banyaaak banget perbedaannya, tapi justru dengan perbedaan itu kita bisa bersatu karena adanya Sumpah Pemuda. Tau dong bunyi dari Sumpah Pemuda?
Kami poetra-poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Penulisan ini, dikutip dari Wikipedia, pake ejaan van Ophuysen. Apaan tuh? Ejaan lama yang pernah dipake Indonesia. Berkat Sumpah Pemuda itulah kita jadi tetap satu walau banyak banget perbedaan. Kita tetap satu dalam Indonesia. Sedih sama nyesek banget rasanya kalo ada perpecahan diantara kita gegara perbedaan. Oh.. please... Tuhan menciptakan manusia dan alam seisinya enggak sama. Ada banyak sekali perbedaan. Kenapa hancur dan bermusuhan karena perbedaan? :(
Kita balik lagi ke masa sekarang. Apa kita masih tetap satu? Ya, masih. Apa kita masih tetap pemuda (Indonesia)? Ya, tentu. Drama, entah itu perpecahan, isu-isu bikin KZL, atau apapun itu, tetap ada juga, tapi kita tetap satu. Kita tetap Indonesia. Apa yang harus kita lakukan sebagai pemuda (Indonesia)? Sibuk tebar pesona sana-sini? Fokus pada kisah merah jambu ala anak SMP? Begini-begini juga perlu, yah.. life need love, tapi bukan cuma begitu doang yang kita lakukan. Rugi bandar banget.
Kita harus do something yang positif dengan cara kita. Aku, misal. Aku make a positive something dengan menulis. Ini passion-ku. Aku akan melakukan yang terbaik untuk Indonesia dengan terus menulis. Kamu? Tentunya dengan passion kamu juga. Apapun, asal bisa memberikan sesuatu yang positif buat banyak orang, buat kita, Indonesia.
Hari ini banyak pemuda (Indonesia) yang berkarya lewat puisi yang dikompetisikan. Aku diminta jadi MC Lomba Baca dan Cipta Puisi sekaligus Bedah Buku Puisi di Perpusda Kebumen. Acara yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Kebumen ini, lumayan menyedot perhatian pemuda (Indonesia). Ada pelajar, mahasiswa, banyaklah sampe ratusan peserta. Ini salah satu cara positif do something dengan cara kita. Harus ditebarkan lebih banyak semangat semacam ini buat semua pemuda (Indonesia).
Kenapa kata 'Indonesia' ditulis dalam kurung? Karena secara khusus ini yang harus-wajib-kudu pemuda Indonesia lakukan. Secara umum ya pemuda di seluruh dunia.
Aku terinspirasi dengan tagar salah satu TV swasta Indonesia tentang Sumpah Pemuda. #IniWaktunyaKita. Yes! Ini waktunya kita (pemuda Indonesia) berkarya, berkarya, berkarya, berkarya...
Sampai kapan?
Sampai Tuhan memanggil kita pulang.
Kebumen, 28.10.2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar